Taklukkan Wind Tunnel China, Kopassus Raih Juara 3

Prestasi membanggakan diraih pasukan elite Indonesia, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI. Empat penerjun prajurit Kopassus memperagakan aksi 4way dan 2way Skydiving yang berhasil raih juara 3 dalam ajang Asiania Indoor Skydiving Championship di Chongqing, China, 18-22 September 2018.

Kepala Penerangan Kopassus Letkol Czi Denden Sumarlin mengatakan, kejuaraan itu menjadi pengalaman tersendiri lantaran baru pertama kali dilombakan di dalam wind tunnel.

“Kejuaraan diikuti 29 negara lain, termasuk negara yang memiliki segudang prestasi terjun di ajang internasional, yaitu Qatar dan China yang bertindak sebagai tuan rumah,” ujar Denden dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Minggu (23/9/2018).

Berlatih empat kali di Mabes TNI dan enam kali di Pusdiklapassus Batujajar selama dua minggu merupakan waktu yang sangat singkat. Para prajurit Kopassus harus bekerja keras untuk meraih hasil maksimal.

Angin di wind tunnel sangatlah sensitif, sehingga diperlukan daya ingat (memory) yang kuat. Belum lagi tempat yang begitu sempit bisa menimbulkan risiko membahayakan.

"Prestasi ini sangat membanggakan. Para prajurit Kopassus mengalahkan rival-rival tim penerjun dunia yang berasal dari Latvia, Hungaria, Prancis, Israel, Republik Ceko, Polandia serta negara-negara Asia,” ujar Denden.

Kontingen Kopassus terwadahi dalam suatu organisasi induk yaitu Persatuan Terjun Payung Angkatan Darat (PTPAD). Ke-4 penerjun Kopassus tersebut adalah Serka Choliq, Serka Solihin, Sertu Tedi M Romdon dan Serda Pirnadi.

Share: